Better experience in portrait mode.

Kasi Penkum Kejati Sumsel Vanny Yulia Eka Sari SH MH, menerangkan Kejati Sumsel di bawah kepemimpinan Bapak Dr. Yulianto, S,H., M.H. sebagai Kajati Sumsel telah berhasil sebagai Kepala Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik dalam hal Pelayanan Publik yang Ramah Kelompok Rentan.

Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan telah memberikan berbagai pelatihan kepada seluruh Petugas Pelayanan dan membangun berbagai fasilitas yang dapat menunjang Kejati Sumsel dalam memberikan pelayanan yang Prima.

"Salah satunya penyelenggaraan layanan ramah kelompok rentan," kata Vanny.

Disebutkannya, berbagai fasilitas Kejati Sumsel yang ramah terhadap kelompok rentan antara lain, ruang pelayanan yang nyaman, area Parkir dengan simbol tanda parkir Khusus.

Ramah Kelompok Rentan, Kejati Sumsel Sabet Penghargaan Kementerian PAN RB
Ramah Kelompok Rentan, Kejati Sumsel Sabet Penghargaan Kementerian PAN RB

Kemudian rambu penyandang disabilitas dengan warna yang kontras dan jelas, memiliki ruang bebas atau cukup bagi pengguna kursi roda keluar dan masuk kendaraan.

Lalu, ada fasilitas letak strategis dekat dengan pintu masuk Bangunan Gedung/fasilitas pelayanan, jalur landai agar mudah dilalui kursi roda, toilet khusus disabilitas, area yang ditandai dengan garis biru khusus tempat kursi roda dan kursi prioritas.

Kemudian, layanan bagi penyandang tunanetra khususnya guiding block/jalur pandu, layanan bagi penyandang tunarungu dan Tunawicara, dengan pendampingan penerjemah bahasa isyarat.

Layanan bagi penyandang tunarungu dan tunawicara, dengan menggunakan alat bantu, aplikasi hear me, alat bantu dengar dan alat papan tulis, fasilitas ruang tenang.

Fasilitas TV informasi, form saran dan kritik bagi penyandang tunanetra, form saran dan kritik bagi kelompok rentan lainnya dan web bagi kelompok rentan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengukur keberhasilan Reformasi Birokrasi Berdampak.

Yang mana Kementerian PANRB telah melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan public, inovasi pelayanan publik, pelayanan publik yang ramah terhadap kaum rentan.

Selain itu melakukan pendampingan penyelenggaraan MPP, MPP Digital dan HUB Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP), yang mana telah di uji coba sarana dan prasarana tersebut terhadap kelompok rentan pada 09 September 2024.

Serta tim Verifikator dari Kemenpan RB juga telah melakukan Verifikasi Lapangan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan tanggal 10 September 2024.

Adapun dengan adanya penghargaan ini tentu tidak membuat Kejati Sumsel berpuas hati, tetapi ini menjadi sebuah tantangan akar Kejati Sumsel terus berinovasi.

Ramah Kelompok Rentan, Kejati Sumsel Sabet Penghargaan Kementerian PAN RB

Guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sumatera Selatan khususnya terhadap kelompok rentan agar selalu nyaman saat berkunjung untuk mendapatkanpelayanan yang baik di Kejati Sumsel.