Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo meluncurkan inovasi baru, yakni 'Si Mola', mobil pelayanan yang bertujuan mendekatkan akses hukum kepada masyarakat. Peluncuran ini berlangsung di Alun-alun Sidoarjo dan dihadiri sejumlah pejabat kejaksaan setempat.
Kajari Sidoarjo Roy Rovalino Herudiansyah mengatakan Si Mola dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan hukum di Sidoarjo.
"Kami ingin meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penegakan hukum. Dengan Si Mola, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai layanan, mulai dari pengambilan tilang hingga konsultasi hukum,"
kata Roy.
Kejaksaan Agung
Ia menjelaskan, pelayanan yang tersedia melalui Si Mola mencakup pengambilan tilang, restoratif justice, laporan kasus korupsi, dan konsultasi hukum gratis. Pada kegiatan perdana ini, sebelas warga mengambil tilang dan lima orang berkonsultasi mengenai laporan kasus.
"Si Mola ini dikhususkan untuk pelayanan terhadap masyarakat, selain untuk pembayaran tilang, bisa juga untuk berdiskusi hukum apabila ada masyarakat yang membutuhkan masukan,” tutur Roy.
Peluncuran ini merupakan bagian dari komitmen Kejaksaan Negeri Sidoarjo untuk memberikan pelayanan prima. Mobil itu akan berkeliling di hari libur, berpusat pada titik-titik keramaian khususnya Kabupaten Sidoarjo.
Dan akan menugaskan jaksa fungsional setiap Si Mola bertugas.
"Untuk semua pelayanan yang ada di Simola ini, baik terkait konsultasi hukum, informasi pengambilan barang bukti, pelayanan hukum serta pelayanan pengambilan tilang, tidak akan dipungut biaya. Semua pelayanan di Si Mola ini gratis," ucapnya.
Dengan dihadirkannya Inovasi Mobil Si Mola diharapkan memberikan kepuasan terhadap masyarakat Sidoarjo terkait kinerja Kejaksaan yang terus berupaya semaksimal mungkin.
"Kami harap masyarakat puas dengan kinerja kami, serta perlu diketahui juga, Si Mola merupakan satu-satunya mobil yang terjun langsung di Masyarakat, murni Inovasi Kejari Sidoarjo,"
ujar Roy.
Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi, Si Mola diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pelayanan hukum di wilayah Sidoarjo. Ke depan, Kejaksaan Negeri Sidoarjo berencana melakukan sosialisasi lebih luas agar semua pihak dapat mengetahui dan memanfaatkan layanan ini.
- Sandy Adam Mahaputra
program memberikan pelayanan hukum gratis, khususnya ke masyarakat lokal dan warga negara asing di Bali yang menghadapi permasalahan hukum.
Baca SelengkapnyaMasyarakat bisa bertanya soal permasalahan hukum dan mendapat jawaban langsung dari para Jaksa.
Baca SelengkapnyaJAM-Datun Kejaksaan RI berharap Halo JPN dan Pos Pelayanan Hukum Bagi Masyarakat dapat dilakukan secara berkala dan berkesinambungan
Baca SelengkapnyaProgram ini digelar untuk memberikan pelayanan publik secara prima dan nyata yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
Baca SelengkapnyaDua aplikasi ini bukan hanya sekedar inovasi teknologi, tetapi juga merupakan bentuk nyata komitmen Kejati Kepri memberikan pelayanan masyarakat.
Baca SelengkapnyaLewat program dengan jargon “Om Jak”, ini, Jaksa harus hadir di tengah masyarakat dan menjawab berbagai persoalan hukum di masyarakat.
Baca SelengkapnyaDenny mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Kejati Kepri untuk memberikan pelayanan publik yang prima, terutama dalam bidang hukum.
Baca SelengkapnyaAplikasi ini digunakan untuk pembayaran denda dan uang pengganti perkara korupsi.
Baca SelengkapnyaAcara ini merupakan rangkaian kegiatan Adhyaksa Cup Futsal Turnament 2024 Antar SMA Sederajat dalam rangka Anti Judi Online dengan berolahraga.
Baca SelengkapnyaMenurut Kajati Bali, kegiatan sosial ini harus dilaksanakan rutin sebagaimana perintah Jaksa Agung.
Baca SelengkapnyaPenghargaan itu diberikan berkat program Penegakan Hukum Humanis yang dilakukan Kejaksaan.
Baca Selengkapnya"Ini amanah yang luar biasa dan harus kita jalankan dengan penuh tanggungjawab," kata Kajati Sulsel.
Baca SelengkapnyaKepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Agus Salim, menyampaikan welcome speech pada kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Tindak Pidana Narkotika.
Baca SelengkapnyaPelepasan para pemudik ditandai dengan pengibaran bendera oleh Jaksa Agung serta para pejabat Eselon I dan Eselon II.
Baca SelengkapnyaKejaksaan Republik Indonesia akan memeringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64.
Baca SelengkapnyaHasil survei masyarakat Sangat Puas dengan pelayanan Kejari Bireuen
Baca SelengkapnyaJaksa Agung menyatakan keberadaan sarana radio streaming ini amat penting karena nantinya akan berfungsi sebagai penyampaian informasi publik atas segala pelaks
Baca SelengkapnyaKegiatan sosialisasi koneksitas dan tugas fungsi JAM-Pidmil digelar bekerja sama dengan Kejati DK Jakarta, Bali, dan Sulsel.
Baca SelengkapnyaKesantunan berbahasa dan penggunaan bahasa yang tepat dan jelas memiliki peranan penting.
Baca SelengkapnyaKapuspenkum juga berpesan peserta Workshop untuk dapat menghindari fraud informasi.
Baca SelengkapnyaKejaksaan RI menyediakan kebutuhan pokok dan jajanan nusantara dengan harga terjangkau untuk para pegawai di Lingkungan Kejaksaan Agung.
Baca SelengkapnyaSosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi JAMPIDMIL serta sinergitas penanganan eksekusi perkara koneksitas yang inkracht.
Baca SelengkapnyaBerbagai fasilitas Kejati Sumsel yang ramah terhadap kelompok rentan antara lain, ruang pelayanan yang nyaman, area Parkir dengan simbol tanda parkir Khusus.
Baca Selengkapnya"Jangan sampai mereka (aparat desa) karena ketidaktahuannya menjadi objek pemeriksaan aparat penegak hukum," kata Jaksa Agung.
Baca SelengkapnyaKejati Sumsel satu-satunya instansi di Kejaksaan RI yang menerima penghargaan itu, serta termasuk dalam 10 besar Kementerian atau Lembaga terbaik di Indonesia.
Baca Selengkapnya